Thursday, May 21, 2015

CARA MERAWAT FURNITURE KAYU JATI



Memiliki furniture jati atau barang-barang perabot rumah tangga yang awet dan tampak selalu indah adalah dambaan setiap orang terutama kaum wanita yang kebanyakan waktunya lebih banyak tinggal di rumah, namun hal ini hanya dapat dimiliki oleh mereka yang selalu rajin merawat dan menjaga kebersihannya dengan benar.
Jika yang dilakukan kurang tepat bukannya keindahan yang didapat bahkan sebaliknya furniture tampak kusam dan timbul retak-retak pada lapisan finisingnya, untuk itu sangatlah diperlukan pengetahuan tentang bagaimana cara merawat barang-barang perabot miliknya dengan benar sehingga terhindar dari kerusakan dan tentunya supaya lebih awet dan selalu tampak indah.

Cara Merawat Furniture Kayu Jati

1. Tempatkan furnitur jati atau barang-barang anda di tepat yang kering.
Hindari tempat yang lembab, karena kelembaban dapat memicu tumbuhnya jamur.
Jauhkan dari tatapan sinar matahari secara langsung, karena panas dapat menyebabkan lapisan finishing menjadi retak dan warnanya terlihat kusam.

2. Bersihkan seluruh permukaan barang-barang furniture dengan kemucing setiap hari dengan hati-hati untuk menghindari goresan, kemudian untuk membersihkan ukiran lakukan dengan menggunakan kuas yang halus dan agak kecil agar dapat menyapu di setiap celah-celah ukiran karena debu juga jamur bersarang disitu dan posisinya sulit diangkau dengan kemucing.

3. Hindarkan benda-benda yang basah dari  furnitur anda, seperti gelas yang berisi air dingin dari kulkas karena dapat meninggalkan flek pada lapisan finishingnya, dan bila ada air yang tumpah pada furniture segera mungkin untuk mengeringkan dengan menggunakan lap yang bersih dan mudah menyerap air untuk mencegah air masuk ke pori-pori kayu. perlu di ingat, jangan membiarkan lap basah tertinggal di atas furniture terlalu lama karena  flek yang ditinggalkan dapat mempengaruhi warna finishingnya dan mengurangi tampilan keindahannya.

4. Lakukan perawatan secara berkala dengan menyemprotkan pledge pada seluruh permukaan furniture dan diikuti dengan mengelap pledge tersebut dengan lap ball atau lap kain kaos yang halus untuk menghindari goresan, lakukan secara merata agar furniture tampak bersih mengkilap dan indah.

5. khusus untuk penggemar furniture antik yang umumnya menyukai finishing warna natural atau warna asli kayu dapat merawat furniturenya dengan memakai minyak kayu atau teak oil, dengan cara mengoleskan cairan tersebut keseluruh permukaan furniture secara merata kemudian mengelapnya dengan lap kering dan bersih, namun sebelum proses pengolesan dilakukan terlebih dahulu harus dipastikan furniture sudah dibersihkan dari kotoran dan debu agar hasil pengolesan teak oil dapat memberikan tampilan yang indah dengan nuansa alami.

Demikian beberapa cara merawat furniture kayu yang benar, dengan memperhatikan ulasan kami semoga anda dapat merawat furniture atau barang-barang perabotan anda  dengan benar sehingga dapat memberikan tapilan yang indah dan awet.

 

No comments:

Post a Comment

seo | webmaster