Monday, May 18, 2015

Cara mengatasi furnitur kayu mahoni yang retak



Bila keretakkan yang terjadi pada permukaan kayu begitu besar dan mencolok, pastinya dibutuhkan tenaga profesional untuk memperbaikinya. Namun bila keretakan atau kerapuhan yang terjadi cukup kecil dan bisa ditanggulangi, maka sebaiknya cobalah untuk memperbaikinya. Dengan tips sederhana dan mudah ini, Anda bisa memperbaiki keretakan pada furnitur kayu yang terbuat dari mahoni dalam waktu sekejap. Cukup siapkan bahan dan peralatan yang semuanya bisa Anda dapatkan di toko furnitur atau bahan bangunan.
Peralatan/Bahan Untuk Merawat Furniture Kayu
Bahan – bahan yang mesti disiapkan:
- amplas
- kain yang kesat
- tusuk gigi
- dempul khusus kayu dengan bahan air
- spons
- cat finish / pelapis kayu
- sikat dengan bulu yang halus
- kuas
Langkah – langkahnya:
1. Kelupas dulu cat pada bagian yang retak / rapuh. Gunakan amplas dan gosok secara perlahan. Hati – hati dalam mengamplas, jangan sampai mengenai bagian yang retak. Untuk membersihkan serpihan – serpihan cat yang terkelupas, gunakan kain yang kesat. Untuk serpihan atau debu yang masuk ke dalam sela – sela retakan, gunakan tusuk gigi untuk mengeluarkannya.
2. Campurkan dempul sesuai anjuran yang tertera pada labelnya, kemudian aduk dengan rata. Agar dempul tidak terlihat mencolok, pilih dempul dengan warna yang sesuai dengan warna furnitur kayu mahoni yang akan diperbaiki. Sehingga, bekas dempulan ini akan tersamar.
3. Gunakan bahan plastik untuk mengoleskan dempul pada permukaan kayu sekaligus meratakannya. Pastikan bahwa dempul menutupi seluruh bagian kayu yang retak. Untuk bagian yang berongga, oleskan dempul lebih tebal.
4. Untuk dempul kayu yang meluber, bersihkan dengan spons agar luberannnya tidak mengenai area di sekitarnya. Kemudian, diamkan beberapa saat agar dempul benar – benar mengering.
5. Setelah permukaan kayu selesai didempul, haluskan dengan amplas hingga permukaannya tampak serupa dengan bagian furnitur lain, sehingga furnitur ini tidak akan nampak seperti hasil dempulan. Bila terdapat serpihan – serpihan kayu, bersihkan kembali dengan kain yang kesat.
6. Aplikasikan cat pelapis / pelindung secara tipis di permukaan yang telah diamplas. Gunakan kuas dengan sikat yang lembut. Untuk hasil maksimal, gunakan cat pelapis ini berkali – kali. Biarkan lapisan pertama mengering selama kurang lebih 8 jam sebelum Anda mengaplikasikan lapisan cat yang kedua.


No comments:

Post a Comment

seo | webmaster