Tuesday, May 12, 2015

Cara membasmi rayap yang menghinggapi furniture



Cari tahu di mana lokasi bersarangnya rayap
Kadang, tanda – tanda furnituratau struktur rumah yang terserang rayap tidak mudah dilihat karena rayap bekerja dengan menggerogoti struktur dalamnya. Namun, Anda patut mencurigai tempat – tempat misalnya sudut rumah, tepian furnitur, lubang di lantai atau fondasi, lubang di dinding, atau lubang pada bagian furnitur yang terlihat mencurigakan.
Ambil kardus yang tipis, kemudai basahi. Letakkan kardus ini di area yang sekiranya menjadi kumpulan dari rayap – rayap tersebut. Dengan meletakkan jebakan dari kardus ini, Anda tengah memancing rayap untuk keluar dan berpindah ke kardus. Sebab selain kayu, rayap juga kerap menggerogoti kertas dan kardus karena rayap memperoleh makanan dari selulosa yang salah satunya bisa didapat dari kardus. Jika rayap sudah terpancing dan mulai mendatangi kardus, singkirkan kardus keluar, kemudian bakar kardus tersebut. Ulangi beberapa kali jika dirasa masih ada rayap yang tersisa di rumah / furnitur.
Gunakan cacing nematoda
Namun, ternyata nematoda ini bisa bermanfaat karena bisa menjadi pembasmi rayap yang alami. Ya, nematoda adalah salah satu pemakan rayap. Hebatnya, cacing nematoda tak hanya memakan induk rayap saja, tapi juga anak hingga telur atau larva rayap yang belum menetas.
Nematoda ini muda diperoleh, terutama di toko yang menjual pakan ternak. Biasanya, di pasaran terdapat sekitar 5 varian nematoda yang dijual. Selain itu, Anda perlu menyediakan media untuk meletakkan nematoda ini. Letakkan furnitur yang terkena rayap di bawah sinar matahari
Jika rayap mengenai furnitur yang terbuat dari kayu, misal meja, kursi, lemari, atau laci, Anda bisa melenyapkan rayap dengan cara meletakkan furnitur ini di bawah sinar matahari langsung. Rayap biasa hidup dalam kondisi gelap dan lembab, dan kehadiran cahaya matahari yang terang dan panas bisa membunuhnya seketika. Biasanya, rayap – rayap ini akan mati seketika jika furnitur dijemur di bawah sinar matahari langsung selama seharian penuh. Dinginkan rayap
Jika di musim hujan, dimungkinkan akan sulit mendapatkan sinar matahari yang optimal untuk bisa membasmi rayap. Alternatifnya, Anda bisa membuat rayap ini membeku untuk mematikannya. Ya, rayap tidak suka suhu yang terlalu dingin, maka jika ukuran benda atau furnitur kayu tersebut tidak berukuran terlalu besar, Anda bisa meletakkannya di dalam freezer. Letakkan dalam freezer yang besar selama satu atau dua hari.
Gunakan boric acid
Boric acid adalah salah satu zat yang ampuh membunuh rayap. Bahan ini merupakan bahan yang kerap ditemui dalam insektisida pembasmi rayap.

No comments:

Post a Comment

seo | webmaster