Thursday, April 16, 2015

Motif batik jogja




Motif batik Kawung
Motif batik kawung adalah motifbatik tulis dengan zat pewarna Napthol dan  digunakan sebagai kain panjang.
Makna Filosofi  dalam batik ini adalah sebagai lambang keperkasaan dan keadilan Kadang, motif ini juga diinterpretasikan sebagai gambar bunga lotus (teratai) dengan empat lembar daun bunga yang merekah. Lotus adalah bunga yang melambangkan umur panjang dan kesucian.
Biasanya motif-motif Kawung diberi nama berdasarkan besar-kecilnya bentuk bulat-lonjong yang terdapat dalam suatu motif tertentu. Misalnya : Kawung Picis adalah motif kawung yang tersusun oleh bentuk bulatan yang kecil. Sedangkan Kawung Bribil adalah motif-motif kawung yang tersusun oleh bentuk yang lebih besar daripada kawung Picis. Hal ini sesuai dengan nama bribil, mata uang yang bentuknya lebih besar daripada picis dan bernilai setengah sen. Sedangkan kawung yang bentuknya bulat-lonjong lebih besar daripada Kawung Bribil disebut Kawung Sen.
2. Motif Parang Kusumo
Motif parang kusumo adalah Motif Batik Tulis dengan zat pewarna Napthol dan digunakan sebagai kain saat tukar cincin
Dalam motif Parang Kusumo terkandung suatu makna bahwa suatu  kehidupan harus dilandasi dengan  perjuangan dan usaha dalam mencapai keharuman lahir dan batin. Juga dalam falsafat Jawa. Suatu kehidupan dalam  masyarakat yang paling utama harus kita dapatkan adalah  keharuman pribadinya tanpa harus meninggalkan norma-normadan nilai  yang berlaku. Suatu hal yang sulit untuk direalisasikan. Tetapi pada umumnya orang Jawa berharap bisa menempuh suatu kehidupan yang boleh dikatakan sempurna lahir batin  yang diperoleh atas jerih payah dari tingkah laku dan pribadi yang baik.
3. Motif Batik Truntum
Harapannya adalah agar cinta kasih yang tumaruntum ini akan menghinggapi kedua mempelai. 4.Motif Batik Tambal
Motif batik tambal adalah motif batik tulis dengan zat pewarna soga alam.
Unsur motif yang digunakan adalah ceplok, parang, meru, dll dengan ciri khas kerokan. 5. Motif Batik Pamiluto
Motif batik pamiluto menggunakan zat pewarna Soga Alam yang digunakan sebagai kain panjang saat pertunangan
Unsur Motif  yang terkandung di dalamnya adalah  Parang, Ceplok, Truntum dan lainnya.
Selain 5 motif diatas, batik Yogyarkarta juga mempunyai banyak motif lainnya yang menjadi ide lahirnya batik-batik kontemporer saat ini.


 

No comments:

Post a Comment

seo | webmaster