Tuesday, April 14, 2015

Mengenal Kerajinan Ukir Jepara



Kerajinan ukir jepara merupakan kerajinan yang sudah menjadi warisan leluhur zaman dahulu yang terus dijaga dan dikembangkan secara turun temurun. Kota jepara dikenal sebagai kota ukir karena sentral kerajinan ukirannya sudah mencapai luar negeri. Masyarakat sekitar semenjak kecil sudah belajar mengukir dan menjadi prefesi pada masa dewasanya. Banyak membuka sekolah ukir di Jepara untuk meningkatkan sumber daya manusia di sekitarnya bahkan sampai keluar kota. Ukirannya biasanya berasal dari kayu jati, mahoni, sengon. Hasil kerajinan juga bermacam-macam mulai dari motif relief, patung dan lain-lain. Kerajinan ukir dari Jepara mempunyai ciri khas yang tidak bisa ditiru yaitu dari bentuk corak dan motifnya. Seperti motif jumbai atau ujung relung bentuknya daun yang seperti kipas yang dibuka namun di ujung daunnya meruncing dan ada 3 sampai 4 biji keluar dari pangkalnya. Tangkainya memutar, gaya memanjang dan menjalar tumbuh cabang-cabang kecil untuk mengisi ruang dan membuat keindahan. Biasanya motif-motif seperti itu disisipkan di alat rumah tangga. Ada juga di ukiran pigura foto dan lain-lain.
Tahun 2010 Jepara semakin dikenal sebagai penghasil meubel terbesar di Indonsia karena kualitas produk dan memasuki pasar internasioanl serta memecahkan rekor MURI sebagai kabupaten Bumi Kartini. Berikut ada beberapa produk kerajinan ukir Jepara, di antaranya:
- Furniture
Furniture merupakan jenis produk untuk kebutuhan rumah yang diinginkan dan membuat terinspirasi. Seperti: meja, kursi, kaca, bingkai foto dan lain-lain.
- Hiasan Dinding
Produk ini akan menghiasi dinding dan membuat rumah semakin berwarna serta suasana rumah seperti khas Jepara. Hiasan dinding berupa kepala kuda, kidang dan lain-lain.
- Patung
Patung adalah produk paling produktif di Jepara sehingga banyak kerja sama dengan pengrajin yang kreatif untuk menentukan bentuk dan modelnya. Seperti, patung kuda, wayang dan lain-lain.
- Relief
Relief merupakan kerajinan khas Jepara. Bisa memesan bentuk relief sesuai keinginan. Ada juga relief ukiran, ramayana, relung dan lain-lain.
- Kaligrafi
Kaligrafi sebagai kerajinan hiasan dinding rumah, mushola dan masjid. Bisa memesan sesuai keinginan motif dan coraknya.
Itulah kerajinan ukir Jepara yang sudah dikenal di dunia dengan mempunyai ciri khas yang indah dan berbeda. Cintailah seni dan budaya Indonesia.

No comments:

Post a Comment

seo | webmaster