Tuesday, March 31, 2015

Tujuan Memilh Gelondong Kayu Jati



Kayu jati (teak wood) merupakan kayu yang sangat popular dalam industri woodworking. Kayu jati ini merupakan salah kayu yang terbaik untuk digunakan sebagai bahan baku mebel atau bahan -bahan untuk produk dari kayu yang lain. Kayu jati ini banyak tumbuh di daerah asia, dan merupakan produk kayu unggulan dari Indonesia. Kayu jati banyak digunakan sebagai kerangka rumah, pintu, furniture, pagar, flooring dll. cara memilih kayu jati yang baik untuk furniture yaitu dengan memahami kualitas, jenis dan kadar air dalam kayu jati tersebut. dengan itu kita akan mengetahui kayu jati dengan kualitas yang terbaik.
Kayu jati yang akan digunakan untuk produk-produk kayu yang membutuhkan penampilan yang baik, ternyata harus dikeringkan dengan cara yang benar. Pada jaman dulu, orang melakukan pemotongan kayu jati hanya pada phon yang sudah kering. Pohon jati dimatikan tanpa dipotong. Pohon jati dibiarkan mati dengan keadaan berdiri, dengan cara ini maka pohon ini akan kering secara alami. Pohon yang sudah kering ini kemudian baru dipotong dan dibelah untuk digunakan.
Pada saat ini maka pengeringan kayu jati banyak dilakukan dengan menggunakan oven kayu. Kayu jati dipotong dan dibelah, kemudian dimasukkan dalam kiln dry untuk dikeringkan. Untuk mendapatkan kayu dengan kualitas terbaik, maka pengeringan kayu jati tidak boleh terlalu cepat. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 4 minggu sampai 6 minggu pengeringan untuk mendapatkan hasil kayu yang maksimal. Pengeringan yang terlalu cepat bisa mengurangi kualitas kayu dengan adanya kayu yang retak, melengkung atau masalah dengan warna kayu yang gelap. Pengeringan dengan menggunakan pre drier kiln juga bisa digunakan untuk menghasilkan kualitas kayu yang lebih baik.
Kayu jati yang digunakan untuk membuat produk kayu bagiamanapun juga harus kayu yang sudah kering. Penggunaan kayu yang masih basah akan menimbulkan masalah di kemudian hari seperti masalah kayu pecah, melengkung atau bahkan masalah jamur. Kayu yang sudah kering juga memiliki resiko yang lebih kecil untuk terkena masalah dari minyak kayu di dalamnya.
Memahami cara memilih kayu gelondong sangatlah penting, terutama bagi para pengelola industri permebelan. Sebab, jika ada kesalahan dalam memilih kayu gelondong, dampak yang akan dirasakan nantinya sangatlah besar dan berpengaruh pada keseimbangan mebel itu sendiri. Tidak jarang industri-industri permebelan gulung tikar hanya karena salah dalam memilih kayu gelondong ini. 

No comments:

Post a Comment

seo | webmaster