Friday, January 25, 2013

Perawatan Furniture Jati


Kayu jati banyak digunakan untuk beragam jenis furniture. Keunggulannya yang sangat kuat, tahan lama dan tahan air membuatnya menjadi pilihan untuk bahan furniture, terutama untuk furniture yang digunakan di luar ruangan. Tentu saja walaupun dengan keunggulan tersebut furniture jati anda akan terlihat buruk apabila tidak dirawat  dengan baik. Agar furniture anda terlihat bersih dan berkilau selalu. Anda dapat melakukan beberapa perawatan sederhana dengan furniture jati anda. Berikut ini adalah caranya.

Selalu bersihkan furniture anda setiap satu minggu sekali dengan lap. Anda dapat menggunakan spons basah yang diberi sabun cuci piring untuk mengelap permukaan furniture anda. Semprot furniture dengan sprayer cair untuk menghilangkan sabun dan kotoran. Setelah itu anda dapat mengeringkan furniture jati anda di bawah sinar matahari. Setelah kering anda dapat melapisi permukaan furniture anda dengan minyak jati untuk mengembalikan kilau alami kayu jati pada furniture anda. Tetesakan sedikit minyak jati pada furniture lalu usapkan dengan kain tipis ke seluruh bagian permukaan furniture. Biarkan sekitar satu jam. Lalu lap sisa kelebihan minyak yang ada dengan kain bersih.
Namun apabila anda menginginkan furniture anda terlihat mahal dan antik, anda cukup mengelap furniture dengan kain basah. Anda tidak perlu menambahkan pelapisan minyak karena hal itu dapat menghambat proses penuaan kayu. Proses penuaan ini memanfaatkan kandungan minyak dalam kayu yang semakin berkurang akibat waktu akibatnya warna kayu furniture anda akan berubah menjadi berwarna keabu-abuan. Hal ini akan sangat menguntungkan karena dapat membuat furniture anda terliaht antik, tua, mahal tetapi tetap kuat dan gagah. Terdapat pula beberapa jenis minyak khusus untuk kayu jati yang dapat membuatnya lebih berkilau tahan lama.

Dan sekarang furniture anda pun terlihat lebih berkilau seperti baru. Yang terpenting anda harus membersihkan furniture jati anda secara rutin, minimal sekali dalam seminggu. Debu merupakan musuh utama yang menghilangkan kemilau jati di furniture anda. Anda dapat menggunakan kemoceng untuk menghilangkannya. Baiklah itu beberapa tips untuk furniture jati anda. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

seo | webmaster